Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum

Kemenkum Kalbar Tingkatkan Kualitas Layanan Publik melalui Konsultasi Kekayaan Intelektual dan Monitoring Dashboard

WhatsApp Image 2025 10 29 at 17.52.42

Pontianak — Bidang Pelayanan KI Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Barat terus berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Melalui kegiatan Layanan Konsultasi Kekayaan Intelektual dan Monitoring Dashboard yang dilaksanakan di Ruang Layanan Kanwil Kemenkumham Kalbar, pelayanan publik dilakukan dengan pendekatan cepat, mudah, dan transparan, Rabu (29/10).

Masyarakat dapat memperoleh layanan konsultasi terkait pendaftaran maupun pelindungan kekayaan intelektual, baik secara tatap muka langsung di kantor wilayah maupun melalui layanan daring (online). Hal ini sejalan dengan upaya Kanwil Kemenkumham Kalbar untuk memberikan pelayanan yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat di era digital.

Pada kesempatan tersebut, tim pelayanan melaksanakan layanan konsultasi Paten atas nama David Sunandar, serta melakukan pengecekan Dashboard Monitoring DJKI untuk memastikan data dan perkembangan permohonan kekayaan intelektual yang diajukan oleh masyarakat Kalimantan Barat.

Dari hasil Dashboard Monitoring Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) per tanggal 29 Oktober 2025, tercatat adanya 3 permohonan Merek dan 8 permohonan Hak Cipta yang diajukan pada hari tersebut. Secara keseluruhan, hingga akhir Oktober 2025, sistem mencatat total 2.013 permohonan Kekayaan Intelektual dari wilayah Kalimantan Barat, yang terdiri atas 676 permohonan Merek, 30 permohonan Paten/Paten Sederhana, 24 permohonan Desain Industri, 1.282 permohonan Hak Cipta, dan 1 permohonan Indikasi Geografis.

Data tersebut menunjukkan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perlindungan hukum atas karya dan inovasi melalui pendaftaran kekayaan intelektual.

Sebagai tindak lanjut, Bidang Pelayanan KI Kanwil Kemenkum Kalbar akan melakukan permintaan penelusuran informasi paten untuk mendukung proses konsultasi yang telah dilakukan serta terus memantau perkembangan data permohonan melalui sistem Dashboard Monitoring DJKI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Barat, Jonny Pesta Simamora, menyampaikan bahwa layanan ini merupakan bentuk nyata komitmen Kemenkum dalam mewujudkan tata kelola pelayanan publik yang responsif dan berbasis data.

“Kami berupaya agar setiap layanan yang diberikan tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga berbasis transparansi melalui pemanfaatan teknologi informasi. Dengan demikian, masyarakat dapat memantau langsung perkembangan permohonan kekayaan intelektualnya dan merasakan kehadiran negara dalam pelindungan karya dan inovasi,” ujar Jonny.

WhatsApp Image 2025 10 29 at 17.52.421

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM 
PROVINSI KALIMANTAN BARAT
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. K.S. Tubun No. 26, Kel. Akcaya, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121
PikPng.com phone icon png 604605   Pengaduan Langsung ke Kanwil Kemenkum Kalbar +62 82352580955
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    humascrew.p2l@gmail.com
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humascrew.p2l@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
PROVINSI KALIMANTAN BARAT


Copyright ©Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI


      Youtube kemenkumham

  Jl. K.S. Tubun No. 26, Pontianak, Kel. Akcaya
Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121
  082352580955
   humascrew.p2l@gmail.com