
Pontianak — Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Barat mengikuti kegiatan Penguatan Budaya Kerja BerAKHLAK melalui Monitoring dan Evaluasi hasil Survei Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum. Selasa (11/11).
Kegiatan ini dibuka oleh Analis SDM Ahli Madya Gugun Gundari. Para Sekretaris Unit Utama hadir secara langsung di pusat, sementara Kantor Wilayah di seluruh Indonesia berintegritas termasuk Kanwil Kalimantan Barat mengikuti secara daring dari ruang kerja masing-masing.
Dalam kegiatan tersebut, dipaparkan hasil implementasi nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Nilai-nilai ini merupakan pedoman sikap dan perilaku ASN sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dan menjadi bagian dari agenda transformasi tata kelola ASN untuk memperkuat budaya kerja dan citra institusi.
Pemaparan menunjukkan bahwa Kementerian Hukum meraih Indeks BerAKHLAK Tahun 2024 dengan skor 77,3%, yang menempatkannya dalam kategori “Sehat” (rentang 75%–100%). Capaian ini berada di atas rata-rata Indeks BerAKHLAK Nasional sebesar 68,1%, menunjukkan bahwa implementasi nilai BerAKHLAK telah berjalan efektif dan konsisten.
Menindaklanjuti hasil tersebut, Kanwil Kemenkum Kalbar akan mengambil sejumlah langkah strategis, di antaranya melakukan analisis mendalam terhadap hasil survei di lingkungan Kanwil Kalbar, menyusun rencana aksi untuk memperkuat implementasi nilai BerAKHLAK, mengoptimalkan peran agen perubahan sebagai role model, serta melakukan monitoring dan evaluasi internal secara berkala. Nilai BerAKHLAK juga akan diintegrasikan ke dalam manajemen kinerja dan pengembangan SDM guna membentuk budaya kerja positif dan kolaboratif.
Pernyataan Kepala Kanwil Kemenkum Kalimantan Barat, Jonny Pesta Simamora:
“Pencapaian indeks 77,3% menunjukkan bahwa budaya kerja BerAKHLAK bukan hanya slogan, tetapi telah menjadi praktik nyata. Untuk Kanwil Kalbar, kami akan menindaklanjuti hasil survei ini dengan langkah strategis dan terukur, memperkuat peran agen perubahan, serta menanamkan nilai BerAKHLAK sebagai kebiasaan kerja sehari-hari. Fokus kami adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih cepat, akuntabel, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.”
Melalui penguatan nilai BerAKHLAK secara berkelanjutan, Kanwil Kemenkum Kalbar menegaskan komitmennya untuk menghadirkan pelayanan yang profesional, responsif, dan berintegritas. (Humas).
Dokumentasi:


