Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum

Kanwil Kemenkum Kalbar Lakukan Koordinasi ke Ditjen AHU untuk Perkuat Layanan dan Tingkatkan Capaian Kinerja

Gambar WhatsApp 2025 10 27 pukul 21.01.33

Jakarta – Dalam upaya memperkuat pelaksanaan program kerja serta meningkatkan kualitas layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) di wilayah Kalimantan Barat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Koordinasi dan Konsultasi ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) pada Senin (27/10).

Kunjungan ini dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Barat, Jonny Pesta Simamora, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan jajaran pejabat fungsional umum. Rombongan disambut hangat oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Hantor Situmorang.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kanwil Kemenkum Kalbar menyampaikan laporan mengenai capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari layanan AHU di wilayah Kalimantan Barat yang menunjukkan tren positif. Pihaknya juga menargetkan peningkatan PNBP sebesar 6 persen sebagai bagian dari indikator Perjanjian Kinerja yang ditetapkan untuk berjalan tahun.

Selain membahas capaian, kegiatan koordinasi ini juga menjadi wadah bagi Kanwil Kemenkum Kalbar untuk memperoleh arahan dan dukungan strategi dari Ditjen AHU dalam upaya peningkatan kinerja berkelanjutan, terutama pada layanan yang berdampak langsung bagi masyarakat dan pelaku usaha seperti fidusia, apostille, serta layanan AHU lainnya.

Koordinasi ini sekaligus menjadi langkah strategis untuk memperkuat sinergi antara pusat dan daerah dalam memastikan layanan hukum yang cepat, tepat, dan akuntabel.

Menanggapi hasil pertemuan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Barat, Jonny Pesta Simamora, menegaskan komitmennya untuk terus melakukan inovasi dan peningkatan layanan hukum di daerah.

“Kegiatan koordinasi ini menjadi momentum penting untuk memperkuat arah kebijakan dan strategi layanan AHU di Kalimantan Barat. Kami berkomitmen untuk mencapai target peningkatan PNBP dan memastikan layanan hukum kepada masyarakat berjalan semakin optimal,” ujar Jonny.

Ia menambahkan bahwa kolaborasi yang solid dengan Ditjen AHU merupakan kunci utama dalam menjaga kualitas layanan publik di bidang hukum.

“Kami akan mendokumentasikan seluruh Arahan dari Ditjen AHU dan terus melakukan evaluasi secara berkala agar capaian kinerja di wilayah dapat meningkat secara berkelanjutan. Layanan AHU harus dirasakan manfaatnya secara nyata oleh masyarakat dan pelaku usaha di Kalimantan Barat,” tambahnya.

Sebagai tindak lanjutnya, Kanwil Kemenkum Kalbar akan menyesuaikan strategi layanan AHU sesuai Arah pusat serta melaporkan perkembangan capaian PNBP secara berkala kepada Ditjen AHU. (Humas/muda).

Dokumentasi:

.Gambar WhatsApp 2025 10 27 pukul 21.01.32 1Gambar WhatsApp 2025 10 27 pukul 21.01.32

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM 
PROVINSI KALIMANTAN BARAT
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. K.S. Tubun No. 26, Kel. Akcaya, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121
PikPng.com phone icon png 604605   Pengaduan Langsung ke Kanwil Kemenkum Kalbar +62 82352580955
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    humascrew.p2l@gmail.com
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humascrew.p2l@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
PROVINSI KALIMANTAN BARAT


Copyright ©Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI


      Youtube kemenkumham

  Jl. K.S. Tubun No. 26, Pontianak, Kel. Akcaya
Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121
  082352580955
   humascrew.p2l@gmail.com